Panduan Affiliate Marketing

Personal Brand

 

hallo [Silahkan login dulu], berikut ini saya akan jelaskan materi tentang personal branding. [Silahkan login dulu] perlu ketahui bahwa salasatu modal terbesar adalah modal sosial. bagaiamana cara mendapatkannya?

yapsss personal branding.

Tidak cukup menjadi yang terbaik untuk memenangkan persaingan, Anda butuh dikenal dan dipercaya banyak orang. Ya, bahasa kerennya adalah “Personal Branding”. Sering dengar istilah itu kan ?
Menurut personal branding adalah proses dimana kita menggali apa yang unik tentang diri kita dan kemudian mengkomunikasikannya ke audiens yang tepat.

Sedangkan menurut WikipediaPersonal Branding adalah praktek orang memasarkan diri sendiri dan karir mereka sebagai merek. Sementara sebelumnya swadaya teknik manajemen tentang perbaikan diri, konsep personal branding menunjukkan sebaliknya bahwa kesuksesan datang dari diri kemasan. Personal branding juga melibatkan menciptakan aset dengan mendefinisikan individu, pakaian, penampilan fisik dan bidang pengetahuan dengan cara yang unik dan berbeda. – Wikipedia

Secara sederhana, Personal Branding adalah suatu persepsi, kesan atau pendapat seseorang mengenai diri kita. Sayangnya di Indonesia, Personal Branding masih jarang muncul dari masyarakatnya karena banyak dari mereka yang bekerja bukan pada bidang yang mereka minati sehingga muncul kurangnya rasa percaya diri bahwa apa yang mereka lakukan atau kerjakan bukanlah sesuatu (brand) yang dapat menunjukan identitas mereka.

Personal Branding merupakan satu hal yang sangat penting, juga menjadi syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang. Apakah Anda seorang pengusaha, eksekutif, karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pejabat, perlu Personal Branding yang bagus dari diri Anda.

Lantas, mengapa personal branding itu penting ?
Setidaknya, ada 3 alasan pentingnya personal branding. Berikut penjabarannya.

 

1. Membedakan Anda Dengan Kompetitor

“Hanya mereka yang berwarna merah yang akan dipilih di lautan orang-orang berwarna hitam”.

Personal branding adalah pembeda antara Anda dengan pesaing yang menawarkan hal yang sama. Mengapa klien harus memilih Anda? Nilai apa yang ada pada diri Anda yang membuat Anda lebih unggul dibanding orang lain? Apakah Anda memiliki nilai plus?
Semakin berbeda Anda dengan pesaing dalam artian positif, semakin mudah Anda memenangkan persaingan di pasar. Dengan melakukan personal branding yang baik, Anda akan terlihat unik, berbeda dengan yang lainnya. Sehingga dapat menjadikan Anda lebih percaya diri. Inilah yang banyak di cari oleh para target market Anda, atau pun HRD di setiap perusahaan. Mereka mencari kriteria yang berbeda dari yang lainnya.

2. Memposisikan Diri Anda Ahli DI Bidang Tertentu

Dalam personal branding yang Anda lakukan, tentunya mencakup segala hal tentang diri Anda. Terutama skill atau keahlian yang Anda miliki. Dengan menunjukkan skill yang Anda miliki dalam personal branding, maka Anda akan telihat Ahli pada bidang-bidang tertentu yang Anda kuasai.

3. Dapat Menarik Lebih Banyak Target Market Anda

Personal branding merupakan salah satu cara untuk membangun trust (kepercayaan). Anda tinggal terus menerus memberikan pesan-pesan berharga kepada mereka secara berkesinambungan sesuai brand yang Anda bangun. Dengan begitu, klien akan mudah tertarik pada Anda. Dan Anda akan lebih mudah dan dapat lebih banyak menarik target market Anda.

Personal Branding menjadi faktor yang sangat penting karena di era modern kebanyakan orang akan lebih percaya kepada ‘figur tertentu’ ketimbang ‘perusahaan tertentu’. Untuk itu Anda memerlukan personal branding yang baik.

Dan di era digital seperti sekarang ini, sudah menjadi rahasia umum bahwa pemanfaatan audio visual yang menarik dapat menunjang personal branding Anda lebih cepat, tepat dan hemat!

 

Nah, kita kaitkan cara prakteknyadi jempolpreneur.id, hari ini orang orang lebih suka melihat bukti yang kita tampilkan dari luar. logikanya seperti ini, saat [Silahkan login dulu] bergabung di komunitas ini harus ada perubahan besar dalam diri anda. mulai dari sikap, pola pikir, dan tentunya skill yang dimiliki.

nah, ketika orang lain melihat perubahan anda, disanalah personal brand anda mulai naik. [Silahkan login dulu] tinggal mengemas tampilannya agar semakin menarik. bagaimana caranya? banyak sekali cara yang bisa [Silahkan login dulu], entah itu menulis buku, membuat akun youtube, menjadi selebgram, dan lain sebagainya.

ketika [Silahkan login dulu] berhasil menampilkan personal brand, maka orang orang akan menyimpan kepercayaan kepada [Silahkan login dulu] atau minimal mengenal siapa itu [Silahkan login dulu].

nah, sudah cukup jelas sampai disini. saran saya bangun personal brand mulai dari sekarang, jangan menunggu sampai [Silahkan login dulu] siap karena anda tidak akan pernah siap.  perbanyak action.

ok [Silahkan login dulu] sampai jumpa di materi selanjutnya.