Panduan Affiliate Marketing

Istilah Istilah Dalam Bisnis Affiliate

Setiap bisnis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Begitu juga dengan bisnis afiliasi. Bisnis ini memiliki keunikan yang membedakannya dengan bisnis lainnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang bisnis afiliasi, Anda harus mengenali sejumlah istilah-istilah penting di bidang ini. Sebagian istilah mungkin juga dipergunakan di bidang bisnis lainnya.

Berikut ini 15 istilah penting di bisnis afiliasi:

 1. Action

Action merupakan sebuah tindakan atau hasil akhir yang terjadi. Dalam hal ini, action berbeda-beda tergantung pada program afiliasi yang diikuti misalnya pembelian, pendaftaran atau registrasi, pengunduhan atau download dan lain-lain.

2. Advertiser

Advertiser atau pengiklan merupakan perusahaan atau pemilik produk yang memasang iklan dan memberikan komisi kepada penerbit atau publisher yang bisa menghasilkan action yang diminta.

3. Application Program Interface (API)

Application Program Interface (API) adalah sekumpulan aturan, ketentuan, protokol atau alat untuk membuat aplikasi atau software.

4. Content Management System (CMS)

Content Management System (CMS) adalah sebuah program yang memungkinkan seseorang mengedit, modifikasi dan menerbitkan konten sekaligus pemeliharaan hanya dengan menggunakan satu software.

5. Cost Per Aquisition/Action (CPA)

Cost Per Aquisition/Action (CPA) merupakan biaya yang dikeluarkan advertiser atau pengiklan untuk membayar komisi dalam setiap action yang diminta. CPA juga dikenal sebagai Cost Per Aquisition yakni biaya yang dikeluarkan Advertiser mensyaratkan pencapaian dalam tingkat tertentu atau acquiring.

6. Cost Per Click (CPC)

Cost Per Click (CPC) merupakan program di mana seorang penerbit atau publisher akan dibayar jika link iklan dari advertiser diklik oleh pengunjung blongnya. Kadangkala, CPC dibatasi dengan sistem kuota dalam sehari. Jadi setelah jumlah klik mencapai kuota, banner akan dihilangkan.

7. Conversion Rate (CVR)

Conversion Rate (CVR) merupakan tingkat perbandingan antara pengunjung website yang melakukan action dengan pengunjung yang melakukan penjelajahan (exploring) web yang dituju hasil dari permintaan atau saran dari isi konten artikel, pengiklan atau penjual.

8. Customer Relation Management (CRM)

Customer Relation Management (CRM) merupakan istilah bisnis yang dimulai dari dunia IT, lebih mengacu ke arah mencari solusi untuk permasalahan yag berhubungan dengan kepuasan pelanggan.

9. Click Through Rate (CTR)

Click Through Rate (CTR) adalah ukuran kesuksesan sebuah iklan digital dari website tertentu dan keefektifan sebuah campaign lewat email dari jumlah klik yang didapat melalui link yang dipasang.

10. Lifetime Value (LTV)

Lifetime Value (LTV) adalah sebuah prediksi keuntungan jangka panjang yang mungkin didapat dari kerjasama dengan konsumen tertentu.

11. Publisher atau penerbit

Publisher atau penerbit adalah pihak pemilik web atau blog yang bersedia untuk memasang link afiliasi, bisa berupa banner, link teks atau custom link pada halaman webnya.

12. Page View (PV)

Page View (PV) adalah jumlah yang diperoleh setiap kali ada user yang mengunjungi website.

13. Return Of Investment (ROI)

Return Of Investment (ROI) adalah suatu tingkat pengukuran untuk mengevaluasi efisiensi atau tidak nya sebuah investasi, atau untuk membandingkan tingkat efisiensi dari beberapa investasi. Hitungan sederhana nya adalah prediksi keuntungan yang didapat dibagi dengan nilai investasi yangdikeluarkan. Hasilnya biasanya dalam bentuk rasio atau persentase.

14. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah sebuah strategi mempromosikan sebuah website dengan meningkatkan visibilitasnya pada halaman pencarian dengan menggunakan tehnik optimalisasi dan iklan.

15. Search Engine Optimitation (SEO) atau optimasi mesin pencari

Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari adalah cara untuk meningkatkan visibilitas dari website atau halaman web tanpa memberi imbalan kepada perusahaan search engine.